Sabtu, 24 Januari 2015

TUGAS 7 BAHASA INDONESIA : Peranan Sistem Akuntansi bagi Dunia Bisnis


Menurut Charles T. Horngren, dan Walter T.Harrison (Horngren Harrison,2007:4) menyatakan bahwa akuntansi adalah sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan. Laporan Keuangan dapat membantu perusahaan mengevaluasi bisnis yang dijalankan sekaligus mengidentifikasi masalah-masalah keuangan yang mereka hadapi. Berdasarkan laporan keuangan yang ada maka seorang pimpinan dapat dengan mudah melakukan perencanaan-perencanaan tertentu terkait masa depan perusahaannya.

Akuntansi mencakup seluruh aspek bisnis. Fungsi dan peranan akuntansi sering dikatakan sebagai bahasa bisnis. Akuntansi diartikan sebagai penghubung antara organisasi bisnis yang ada dengan para stackholders, baik internal maupun eksternal (Tarigan, 2010). Akuntansi memiliki peran penting karena akuntansi dianggap sebagai salah satu penentu masa depan atau kelangsungan bisnis suatu perusahaan. Ada empat peran utama akuntansi dalam setiap bisnis, yaitu pengendalian keuangan, operasi perusahaan, pelaporan, dan perencanaan.

Akuntansi dapat membantu perusahaan mengetahui pengelolaan dana, laba, serta kerugian dari aktivitas ekonomi mereka. Pengendalian merupakan faktor penting yang menentukan keberhasilan suatu bisnis. Peran Teknologi Informasi Akuntansi sebagai alat bantu dalam  pengambilan keputusan bisnis pada berbagai fungsi dan level manajerial, menjadi suatu hal yang  sangat penting bagi pengelola bisnis khususnya pada peningkatan kinerja keuangan suatu perusahaan.

Daftar Pustaka
Tarigan, Josua. 2010. Values-Driven Accounting. Jakarta. Elex Media Komputindo.
Ong, Albertus. 2002. Menguasai MYOB versi 11 jilid 1. Jakarta. Elex Media Komputindo. 
Ong, Albertus.2004. Meng Myob Premier 8 & Acc 14. Jakarta. Elex Media Komputindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar