Jumat, 10 Mei 2013

TUGAS 4


1.      Jelaskan jika terjadi peredaran uang di Indonesia dianggap dapat menimbulkan inflasi maka BI sebagai pelaksana kebijakan monetermelakukan tindakan apa saja?
Jawab :
1)     Politik diskonto (discount policy)       
            Bank sentral dapat menjalankan pengaruhnya atas jumlah uang yang beredar dengan jalan menaikkan atau menurunkan suku bunga (diskonto). Dengan menaikkan suku bunga, maka dapat mengurangi jumlah uang beredar. Sebaliknya jika suku bunga turun dapat menambah jumlah uang yang beredar. Jadi, politik diskonto adalah kebijakan bank yang berhubungan dengan perubahan tingkat suku bunga. “Bank sentral memegang peranan dalam perubahan tingkat suku bunga bank”.
2)     Politik pasar terbuka (open market policy)   
            Dengan politik pasar terbuka bank sentral secara aktif akan membeli atau menjual surat berharga dengan tingkat suku bunga tertentu. Jika bank sentral membeli surat berharga, maka akan memberi pengaruh untuk menambah jumlah peredaran uang. Sebaliknya jika bank sentral menjualnya, maka uang banyak yang ditarik dari peredaran. Jadi, politik pasar terbuka adalah kebijakan yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan surat berharga.
3)     Politik pembatasan kredit (plafon credit policy)    
            Dengan politik ini kredit yang akan diberikan kepada masyarakat dilakukan pemilihan atau seleksi dan menentukan mana yang sangat memerlukan. Kredit yang diberikan lebih dahulu ditentukan pembatasan banyaknya kredit (kuantitas) dan sifat kredit (kualitas), sehingga dapat memengaruhi peredaran jumlah uang di masyarakat. Jadi, politik pembatasan kredit adalah membatasi pemberian pinjaman atau kredit kepada masyarakat.
4)     Politik uang ketat (tight money policy) artinya kebijakan untuk mengurangi banyaknya jumlah uang yang beredar.
5)     Politik cadangan kas (cash ratio policy)      
            Bank sentral dapat menentukan jumlah cadangan kas minimum yang harus ada di bank-bank umum, dengan tujuan agar kredit yang diberikan kepada masyarakat dapat dikendalikan, sehingga dapat memengaruhi jumlah uang beredar. Jadi, politik cadangan kas adalah kebijakan yang berhubungan dengan perbandingan antara kas dengan kredit yang diberikan kepada masyarakat.

2.      Faktor utama yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional? (Jelaskan)
Jawab :
a.       Perbedaan sumber daya alam yang dimiliki setiap Negara 
Sumber daya alam di suatu negara memang terbatas, terutama menyangkut dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang dimiliki masing-masing negara berbeda-beda.  Jarang sekali ada suatu negara dapat memenuhi seluruh kebutuhannya dengan sumber daya alam yang dimilikinya. Oleh karena itu masing-masing negara harus melakukan pertukaran seperti kegiatan ekspor dan impor.
    1. Efisiensi (penghematan biaya produksi)
Dengan adanya perdagangan internasional suatu negara dapat memasarkan hasil produksinya pada banyak negara. Negara tersebut berproduksi dalam jumlah besar sehingga dapat menurunkan biaya produksi. Barang yang diproduksi dalam jumlah besar akan lebih murah daripada barang yang diproduksi dalam jumlah kecil.
    1. Tingkat teknologi yang digunakan setiap Negara
Beberapa negara yang telah menggunakan teknologi lebih modern dapat memproduksi barang dengan harga lebih murah dan berkualitas daripada yang menggunakan teknologi sederhana. Sebagai contoh Indonesia mengimpor mobil dari Jepang karena Jepang telah maju dalam teknologi pembuatan mobil. Oleh karna itu, suatu  negara dapat memaksimalkan kemampuan produksinya dengan cara mempelajari teknik produksi dan manajemen produksi yang lebih modern sehingga akan mempercepat pertambahan produksi nasional.
    1. Selera
Indonesia mengimpor buah apel dari Amerika Serikat padahal buah apel dapat dihasilkan di dalam negeri. Contoh Buah apel dari Amerika Serikat menurut sebagian orang lebih mengundang selera dibandingkan buah apel lokal. Selain itu produk luar negeri menggunakan kemasan yang menarik dan harga yang lebih murah sehingga banyak masyarakat yang beralih pada produk luar negeri.
e.       Kebutuhan Devisa
Perdagangan internasional juga dipengaruhi oleh faktor kebutuhan akan devisa suatu negara. Dalam memenuhi segala kebutuhannya setiap negara harus memiliki cadangan devisa yang digunakan dalam melakukan pembangunan negara, salah satu sumber devisa adalah pemasukan dari perdagangan internasional.
Faktor yang juga berpengaruh terhadap perdagangan internasional adalah faktor sosial, budaya, politik, dan pertahanan keamanan (hankam).

3.      Sebutkan ciri-ciri suatu negara yang telah berhasil membangun negara jika dilihat dari... (min 5)
Jawab:
Negara yang berhasil tidak selalunya berasal dari negara yang telah maju, bukan pula negara berkembang pula itu adalah negara yang gagal. Dari beberapa sumber yang saya pelajari terdapat beberapa ciri negara yang berhasil dalam artian berhasil dalam menjalankan tugasnya sebagai negara:
1.    Pertahanan dan Keamanan (Hankam)
Negara yang berhasil pastinya dapat melindungi rakyat, wilayah serta pemerintahan dari ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar. serta menjamin keamanan. ketika negara tidak bisa menghadirkan keamanan, maka kemakmuran dan fungsi sosial sudah pasti ikut runyam. Contoh : Penjagaan perbatasan yang intensif oleh TNI
2.    Keadilan
Dapat menegakkan hukum secara tegas dan tanpa adanya unsur kepentingan tertentu. Setiap warga negara harus dipandang sama di depan hukum. Contoh : Penegakkan hukum melalui lembaga peradilan.
3.    Pengaturan dan Ketertiban  
Negara yang mempunyai peraturan (UU) dan peraturan-peraturan lainnya untuk menjalankannya agar terwujudnya tatanan kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara. Contoh : UU tentang Tindak Pidana Korupsi.
4.    Kesejahteraan dan Kemakmuran
Negara yang telah mengeksplorasi sumber daya alam (SDA) dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk meningkatkan pendapatan rakyat guna mencapai kesejahteraan dan kemakmuran. contoh : pelatihan tenaga siap kerja.
5.    Peningkatan kualitas hidup
Negara yang telah berhasil pastinya memiliki penduduk yang berhasil pula melalui kinerja pemerintahan Negara yang menjalankan fungsi Negaranya dengan baik. Dengan begitu terjadilah peningkatan kualitas hidup yang lebih tinggi. Contoh: pendapatan perkapita negara yang tinggi.

4.      Benarkah inflasi selalu merugikan? Jelaskan pendapat anda (50 kata)
Jawab:
            Tidak, karna inflasi dapat bersifat menguntungkan atau merugikan tergantung pada besar atau tidaknya inflasi yang terjadi.  Apabila inflasi itu ringan, akan berpengaruh positif dalam arti dapat mendorong perekonomian lebih baik, yaitu Inflasi dapat mendorong para pengusaha untuk memperluas produksinya.  Dengan demikian, akan tumbuh kesempatan kerja baru sekaligus akan  meningkatkan pendapatan nasional dan juga membuat orang semangat untuk bekerja keras, menabung dan mengadakan investasi.
Sebaliknya, pada saat terjadi inflasi tak terkendali (Hiperinflasi), keadaan perekonomian menjadi kacau. Orang menjadi tidak bersemangat kerja, minat orang untuk menabung menjadi berkurang. Karena pada saat inflasi kebanyakan nilai bunga menjadi semakin turun. Dan orang orang akan memilih uangnya agar digunakan dalam investasi. Inflasi dapat menyebabkan perubahan pendapatan masyarakat. Para penerima pendapatan tetap seperti pegawai negeri atau karyawan swasta serta kaum buruh akan mengalami kerugian sehingga hidup mereka semakin menurun.     

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar